Jumat, 18 Februari 2011

Baroque Rococo dan Rinaisancce

          BAROQUE ROCOCO
 
            Rococo  juga disebut sebagai "Akhir Baroque" merupakan gaya abad ke-18 yang dikembangkan sebagai seniman Baroque simetri mereka menyerah dan menjadi semakin hiasan, kemerahan, dan lucu . kamar Rococo dirancang sebagai karya seni total dengan perabotan elegan dan hiasan, patung-patung kecil, cermin hias, dan permadani melengkapi arsitektur, relief, dan lukisan dinding. Hal ini sebagian besar digantikan oleh gaya neoclassic. Pada tahun 1835 Kamus Akademi Perancis menyatakan bahwa kata Rococo "biasanya meliputi jenis ornamen, gaya dan desain yang berhubungan dengan pemerintahan Louis XV dan awal bahwa dari Louis XVI". Ini mencakup Oleh karena itu, semua jenis seni yang dihasilkan sekitar pertengahan abad ke-18 di Perancis.
Istana Catherine di Tsarskoye Selo adalah salah satu bangunan Rococo utara
yang Queluz Istana Nasional di Portugal adalah salah satu bangunan Rococo terakhir yang dibangun di Eropa.
The Rococo Basilika di Ottobeuren (Bavaria): ruang arsitektur mengalir bersama dan swarm dengan kehidupan.
              Kata Rococo dipandang sebagai kombinasi dari kata rocaille Perancis, yang berarti batu, dan coquilles, berarti shell, karena ketergantungan pada benda-benda sebagai motif dekorasi. [1] Ini juga mungkin berkaitan dengan barroco Portugis (yang mengacu pada
berbentuk tidak teratur mutiara), [2] atau gaya Baroque. Karena rococo kurva shell-suka dan fokus pada seni dekoratif, beberapa kritikus menggunakan istilah untuk merendahkan secara tidak langsung bahwa gaya itu sembrono atau hanya modis. Istilah ini pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris di sekitar 1836, itu adalah perkataan sehari-hari berarti "kuno". Namun, sejak pertengahan abad ke-19, istilah ini telah diterima oleh sejarawan seni. Meskipun masih ada perdebatan tentang pentingnya sejarah gaya seni pada umumnya, Rococo sekarang secara luas diakui sebagai suatu periode utama dalam perkembangan seni Eropa
Sejarah pengembangan
               Rococo dikembangkan pertama dalam seni dekoratif dan desain interior. suksesi Louis XIV membawa perubahan dalam pengadilan seniman dan fashion artistik umum. Pada akhir pemerintahan lama raja, kaya Baroque desain yang memberikan cara untuk unsur yang lebih ringan dengan kurva lebih banyak dan pola-pola alami. Unsur-unsur yang jelas dalam desain arsitektur Nicolas Pineau. Selama Regence, kehidupan istana pindah dari Versailles dan perubahan artistik menjadi mapan, pertama di istana kerajaan dan kemudian seluruh masyarakat tinggi Prancis. Kelezatan dan main-main desain Rococo sering dilihat sebagai sempurna selaras dengan ekses-ekses dari pemerintahan Louis XV's.

The 1730s mewakili ketinggian pembangunan Rococo di Perancis. Gaya telah menyebar di luar arsitektur dan mebel untuk lukisan dan patung, dicontohkan oleh karya-karya Antoine Watteau dan François Boucher. Rococo masih mempertahankan rasa Baroque bentuk-bentuk yang kompleks dan pola rumit, tapi saat ini, telah mulai mengintegrasikan berbagai karakteristik yang beragam, termasuk rasa untuk desain Oriental dan komposisi asimetris.

Gaya Rococo menyebar dengan seniman Perancis dan publikasi terukir. Itu mudah diterima di bagian Katolik Jerman, Bohemia, dan Austria, di mana ia bergabung dengan tradisi Baroque hidup Jerman. Jerman Rococo diaplikasikan dengan antusias ke gereja dan istana, khususnya di selatan, sementara Frederician Rococo dikembangkan di Kerajaan Prusia. Arsitek interior sering terbungkus mereka dalam awan semen putih halus. Di Italia, akhir Baroque gaya Borromini dan Guarini mengatur nada untuk Rococo di Turin, Venice, Naples dan Sisilia, sementara seni di Tuscany dan Roma tetap lebih menganut Baroque.

Di Inggris, Rococo selalu dianggap sebagai "rasa Perancis" dan tidak pernah secara luas diadopsi sebagai gaya arsitektur, walaupun pengaruhnya itu sangat dirasakan di berbagai bidang seperti perak, porselen, dan sutera, dan Thomas Chippendale mengubah desain furnitur Inggris melalui nya adaptasi dan penyempurnaan gaya. William Hogarth membantu mengembangkan landasan teori untuk kecantikan Rococo. Meskipun tidak sengaja referensi gerakan itu, ia berpendapat dalam Analisis tentang Kecantikan (1753) bahwa garis-garis bergelombang dan S-kurva terkemuka di Rococo adalah dasar rahmat dan keindahan dalam seni atau alam (tidak seperti garis lurus atau lingkaran di Classicism) . Perkembangan Rococo di Inggris dianggap telah terhubung dengan kebangkitan kepentingan dalam arsitektur Gothic awal abad ke-18. 





Awal dari akhir untuk Rococo datang di awal 1760s tokoh-tokoh seperti Voltaire dan Jacques-François Blondel mulai suara kritik mereka dari pendangkalan dan degenerasi seni. Blondel mengecam "campur aduk konyol kerang, naga, buluh, kelapa-pohon dan tanaman" dalam interior kontemporer [1]. Pada 1785, Rococo pingsan mode di Perancis, digantikan oleh urutan dan keseriusan seniman neoklasik seperti Jacques Louis David. Di Jerman, akhir abad ke 18 Rococo adalah riduculed sebagai Zopf und Perücke ("kucir dan rambut palsu"), dan tahap ini kadang-kadang disebut sebagai Zopfstil. Rococo tetap populer di provinsi dan di Italia, sampai tahap kedua Neoclassicism, tiba "Kekaisaran gaya", dengan pemerintah Napoleon dan menyapu Rococo pergi.

Ada minat baru dalam gaya Rococo antara tahun 1820 dan 1870. Inggris adalah di antara yang pertama untuk menghidupkan kembali "gaya Louis XIV" seperti yang miscall pada awalnya, dan membayar harga yang mahal untuk mewah bekas barang Rococo yang nyaris bisa dijual di Paris. Tapi seniman terkemuka seperti Delacroix dan pelindung seperti Ratu Eugenie juga menemukan kembali nilai rahmat dan main-main dalam seni dan desain.

Furniture dan benda-benda dekoratif
Sebuah Rococo Revival Parlor di Metropolitan Museum of Art.

Tema ringan dan desain rumit Rococo disajikan diri terbaik pada skala lebih kecil dari arsitektur Baroque mengenakan dan patung. Hal ini tidak mengherankan, kemudian, bahwa Prancis seni Rococo di dalam ruangan rumah. Logam, angka porselen, furniture embel-embel dan terutama naik ke bukit baru pra-sebagai kelas atas Prancis berusaha untuk pakaian rumah mereka dalam gaya sekarang modis.

gaya Rococo mengambil kesenangan dalam asimetri, sebuah rasa yang baru untuk gaya Eropa. Praktek ini meninggalkan unsur tidak seimbang untuk efek ini disebut contraste.






              Selama periode Rococo, mebel adalah ringan, secara fisik dan visual. Ide furnitur telah berevolusi untuk simbol status dan mengambil peran dalam kenyamanan dan fleksibilitas. Furniture bisa dengan mudah dipindahkan sekitar untuk pertemuan, dan bentuk-bentuk khusus yang datang untuk menjadi seperti kursi fauteuil, kursi voyeuse, dan Berger en gondola. Perubahan desain ini berkisar kursi dari lengan terpisah bantalan, perpanjangan belakang empuk (juga dikenal sebagai "martil") dan bantalan kursi longgar. Furniture juga berdiri bebas, bukannya berlabuh oleh dinding, untuk menonjolkan suasana ringan dan fleksibilitas dari masing-masing bagian. Mahogany secara luas digunakan dalam konstruksi furnitur karena kekuatannya, sehingga tidak adanya usungan seperti yang terlihat di kursi banyak waktu. Juga, penggunaan cermin tergantung di atas mantels menjadi semakin populer di terang perkembangan kaca bercacat.

            Dalam desain Rococo penuh ditiup, seperti Tabel d'Appartement (ca. 1730), oleh perancang Jerman JA Meissonnier, bekerja di Paris (ilustrasi, di bawah), setiap referensi untuk membentuk tektonik hilang: bahkan marmer bagian atas berbentuk lempengan . Apron, kaki, tandu semuanya telah mulus diintegrasikan ke dalam aliran menentang c-gulungan dan "kata rocaille." Simpul (noeud) dari tandu menunjukkan "contraste" asimetris itu adalah inovasi Rococo.

Paling banyak dikagumi dan ditampilkan di "kecil" dan seni dekoratif pengkritik yang menyatakan bahwa kecenderungan untuk berangkat dari atau menyamarkan bentuk tradisional diakui dan struktur yang diberikan tidak cocok untuk proyek skala besar dan didiskualifikasi sebagai gaya arsitektur sepenuhnya.

Dinasti dari Paris ébénistes, beberapa dari mereka-Jerman lahir, mengembangkan gaya permukaan melengkung dalam tiga dimensi (bombé), di mana cocok veneers (Tatakan sementara berada di gerhana) atau vernis martin japanning yang mudah dilengkapi dengan emas-perunggu ("ormolu" ) mount: Antoine Gaudreau, Charles Cressent, Jean-Pierre Latz, François Oeben, Bernard II van Risamburgh adalah nama yang beredar.
Abstrak dan asimetris Rococo dekorasi: plesteran langit-langit di Neues Schloss, Tettnang

desainer Perancis seperti François de Cuvilliés, Nicholas Pineau dan Bartolomeo Rastrelli gaya Paris diekspor secara langsung ke Munich dan Saint Petersburg, sedangkan Juste-Aurèle Jerman Meissonier ditemukan karirnya di Paris. Roh-roh panduan pada Rococo Paris adalah sekelompok kecil marchands-merciers, pelopor dari dekorator modern, dipimpin oleh Simon-Philippe Poirier.

Dalam furnitur bergaya Perancis tetap agak lebih pendiam, karena ornamen kebanyakan dari kayu, atau, setelah mode-ukiran kayu, kurang kokoh dan naturalistik dan kurang bersemangat dalam campuran dari alam dengan bentuk buatan dari segala jenis (misalnya motif tumbuhan
, representasi stalactitic, grotesques, masker, menerapkan berbagai profesi, lencana, lukisan, batu mulia).

Inggris Rococo cenderung lebih terkendali. desain furnitur Thomas Chippendale's terus kurva dan merasa, tetapi berhenti dari tinggi Perancis imajinasi. Eksponen paling berhasil dari Inggris Rococo mungkin Thomas Johnson, seorang pemahat berbakat dan desainer furnitur bekerja di London pada pertengahan abad ke-18.
Kata 'Rococo' berasal dari Perancis "kata rocaille," kata yang digunakan untuk menggambarkan pekerjaan batu dan shell dari gua-gua Versailles. Banyak perabotan diukir yang berasal dari abad ke-18 khususnya, cermin menggambarkan frame-batuan, kerang, dan air menetes dalam komposisi mereka, sering pada hubungan dengan tokoh-tokoh Cina dan pagoda.


Desain interior        
Sebuah Rococo interior dalam Gatchina.

Kesendirian Istana di Istana Stuttgart dan Cina di Oranienbaum, gereja Bavarian Wies dan Sanssouci di Potsdam adalah contoh bagaimana Rococo membuat jalan ke arsitektur Eropa.

Dalam konteks Kontinental mana Rococo sepenuhnya dalam kendali, sportif, fantastis, dan bentuk pahatan disajikan dengan menyala ornamen abstrak menggunakan, tekstur daun atau shell-seperti di menyapu asimetris dan berkembang dan kurva patah; intim Rococo interior menekan divisi arsitektonis dari architrave, dekorasi dan cornice untuk indah, yang ingin tahu, dan aneh, dinyatakan dalam bahan plastik seperti ukiran kayu dan di atas semua plesteran (seperti dalam pekerjaan Sekolah Wessobrunner). Dinding, langit-langit, furnitur, dan karya-karya logam dan porselen menyajikan ansambel bersatu. Palet Rococo lebih lembut dan pucat dari warna primer kaya dan tonalities gelap disukai di selera Baroque


Sebuah petunjuk anti-arsitektur beberapa cepat berkembang menjadi Rococo besar-besaran pada akhir 1720-an dan mulai mempengaruhi interior dan seni dekoratif di seluruh Eropa. Bentuk terkaya Jerman Rococo berada di Katolik Jerman (ilustrasi, di atas).
Para Rococo perpustakaan di Istana Nasional Mafra, Portugal.

plasterwork Rococo oleh seniman Italia-Swiss imigran seperti Bagutti dan Artari adalah fitur rumah oleh James Gibbs, dan saudara-saudara Franchini bekerja di Irlandia apapun setara yang berusaha di Inggris.

Diresmikan di beberapa kamar di Versailles, itu terbentang keindahan di Paris beberapa bangunan (terutama Soubise Hôtel). Di Jerman, seniman Perancis dan Jerman (Cuvilliés, Neumann, Knobelsdorff, dll) berpengaruh peralatan bermartabat dari Amalienburg dekat Munich, dan benteng-benteng of Würzburg, Potsdam, Charlottenburg, Brühl, Bruchsal, Solitude (Stuttgart), dan Schönbrunn.

Di Inggris, salah satu set Hogarth tentang lukisan membentuk moralitas kisah melodramatis berjudul Perkawinan à la Mode, terukir pada tahun 1745, menunjukkan kamar parade sebuah rumah bergaya London, di mana hanya Rococo plasterwork langit-langit di salon itu. arsitektur Palladian memegang kendali. Di sini, di perapian Kentian, kerumunan vas Cina dan mandarin yang satirically diberikan sebagai monstrositas kecil mengerikan, dan jam dinding Rococo adalah campur aduk cabang berdaun.




Secara umum, Rococo adalah gaya interior seluruhnya, karena orang kaya dan bangsawan pindah kembali ke Paris dari Versailles. Paris sudah dibangun dan jadi daripada terlibat dalam penambahan arsitektur besar, mereka hanya merenovasi interior bangunan yang ada.
Meskipun Rococo berasal dari seni murni dekoratif, gaya menunjukkan dengan jelas dalam lukisan. Pelukis ini menggunakan warna-warna halus dan bentuk melengkung, kanvas menghiasi mereka dengan malaikat dan mitos cinta. Potret juga populer di kalangan pelukis Rococo. Beberapa karya menunjukkan semacam kenakalan atau kotoran dalam perilaku subyek mereka, menunjukkan tren historis berangkat dari gereja Baroque's / orientasi negara. Landsekap adalah pastoral dan sering menggambarkan acara santai dari pasangan bangsawan.

Jean-Antoine Watteau (1684-1721) umumnya dianggap sebagai pelukis besar pertama Rococo. Ia memiliki pengaruh besar pada pelukis kemudian, termasuk François Boucher (1703-1770) dan Jean-Honoré Fragonard (1732-1806), dua tuan periode akhir. Bahkan (1727-1788) Thomas Gainsborough sentuhan lembut dan kepekaan yang mencerminkan semangat Rococo. (1755-1842) gaya Elisabeth-Louise Vigée-Le Brun juga menunjukkan banyak pengaruh Rococo, khususnya di potret nya Marie Antoinette. Rococo pelukis lainnya termasuk: Jean François de Troy (1679-1752), Jean-Baptiste van Loo (1685-1745), kedua putranya Louis-Michel van Loo (1707-1771) dan Charles-Amédée-Philippe van Loo (1719 - 1795), adiknya Charles-André van Loo (1705-1765), dan Nicolas Lancret (1690-1743). Kedua Chardin Jean-Baptiste-Simeon (1699-1779) dan Jean-Baptiste Greuze (1725-1805), adalah pelukis Perancis penting dari era Rococo yang dianggap Anti-Rococo.









Selama era Rococo Portraiture merupakan komponen penting dari melukis di semua negara, terutama di Inggris, di mana para pemimpin adalah William Hogarth (1697-1764), dalam gaya realis tumpul, dan Francis Hayman (1708-1776), Angelica Kauffman yang Swiss, (1741-1807), Thomas Gainsborough dan Joshua Reynolds (1723-1792), dalam gaya menyanjung lebih banyak dipengaruhi oleh Antony Van Dyck (1599-1641). Sementara di Perancis selama era Rococo Jean-Baptiste Greuze adalah pelukis favorit Denis Diderot (1713-1785), [4] dan Maurice Quentin de La Tour (1704-1788), dan Elisabeth Vigée-Lebrun yang sangat dicapai pelukis Portrait dan Sejarah pelukis.




















PATUNG


Patung adalah daerah lain di mana Rococo diadopsi secara luas. Étienne-Maurice meriam ringan (1716-1791) secara luas dianggap sebagai salah satu wakil terbaik Rococo Perancis. Secara umum, gaya ini yang terbaik diekspresikan melalui patung porselen halus daripada memaksakan patung marmer. Meriam ringan sendiri adalah direktur sebuah pabrik porselen yang terkenal di Sèvres. Tema cinta dan keceriaan tercermin dalam seni patung, seperti juga unsur-unsur alam, melengkung garis dan asimetri


.

Pematung Bouchardon diwakili Cupid terlibat dalam ukiran panah cintanya dari klub Hercules, ini berfungsi sebagai simbol yang sangat baik dari gaya Rococo-setengah dewa ini berubah menjadi anak yang lembut, tulang-menghancurkan klub menjadi panah hati-pedas, seperti marmer begitu bebas diganti dengan semen. Dalam hubungan ini, pematung Perancis, Jean-Louis Lemoyne, Jean-Baptiste Lemoyne, Robert Le Lorrain, Michel Clodion, dan Pigalle dapat disebutkan secara sepintas.


Renaissance

Renaissance (Italia: Rinascimento, Prancis: Renaissance, dari ri-"lagi" dan nascere "dilahirkan") [1] adalah sebuah gerakan budaya yang membentang kira-kira 14 hingga abad ke-17, dimulai di Florence di Akhir Abad Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Istilah ini juga digunakan lebih longgar untuk merujuk kepada era bersejarah, tapi karena perubahan Renaissance tidak seragam di seluruh Eropa, ini adalah penggunaan umum dari istilah tersebut. Sebagai sebuah gerakan budaya, itu mencakup kebangkitan pembelajaran berdasarkan sumber-sumber klasik, pengembangan perspektif linier dalam lukisan, dan reformasi pendidikan bertahap tapi tersebar luas. Secara tradisional, transformasi intelektual ini telah menghasilkan Renaissance yang dipandang sebagai jembatan antara Abad Pertengahan dan era modern. Meskipun Renaissance melihat revolusi di banyak intelektual, serta pergolakan sosial dan politik, adalah mungkin paling dikenal karena perkembangan artistik dan kontribusi dari polymaths seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo, yang mengilhami "manusia Renaisans" panjang. [
2] [3]

Ada konsensus umum, tapi tidak tertandingi, bahwa Renaisans dimulai di Florence, Tuscany pada abad ke-14. [4] Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan asal-usulnya dan karakteristik, berfokus pada berbagai faktor termasuk sosial dan kemasyarakatan kekhususan Florence pada saat itu, struktur politik, perlindungan keluarga yang dominan, yang Medici;. [5] dan migrasi sarjana Yunani dan teks ke Italia setelah Kejatuhan Konstantinopel di tangan Turki Ottoman [6] [7] [8]

Renaisans memiliki sejarah panjang dan rumit, dan ada banyak perdebatan di kalangan sejarawan mengenai kegunaan Renaisans sebagai istilah dan sebagai delineasi sejarah. [9] Beberapa telah mempertanyakan apakah Renaissance adalah "muka" budaya dari Abad Pertengahan, bukan melihatnya sebagai suatu periode pesimisme dan nostalgia untuk usia klasik, [10] sementara yang lain bukan difokuskan pada kesinambungan antara kedua era [11] Memang,. beberapa telah menyerukan untuk mengakhiri penggunaan istilah, yang mereka lihat sebagai produk presentism -. penggunaan sejarah untuk memvalidasi dan memuliakan cita-cita modern [12] Kata Renaissance juga telah digunakan untuk menggambarkan pergerakan sejarah dan budaya lainnya, seperti Carolingian Renaissance dan Renaissance abad ke-12.

 Ikhtisar
Renaisans adalah gerakan budaya yang sangat mempengaruhi kehidupan intelektual Eropa di masa modern awal. Awal di Italia, dan menyebar ke seluruh Eropa pada abad ke-16, sastra pengaruh mempengaruhi, filsafat, seni, politik, ilmu pengetahuan, agama, dan aspek lain dari penyelidikan intelektual. sarjana Renaissance menggunakan metode humanis dalam penelitian, dan mencari realisme dan emosi manusia dalam seni.
pemikir Renaissance mencari di perpustakaan monastik Eropa dan Kekaisaran Bizantium runtuh teks-teks sastra, sejarah, dan pidato kuno, biasanya ditulis dalam bahasa Latin atau Yunani kuno, banyak yang telah jatuh ke dalam ketidakjelasan. Ini adalah fokus baru mereka pada teks-teks sastra dan sejarah bahwa Renaissance ulama berbeda sehingga nyata dari para ulama abad pertengahan Renaissance dari abad ke-12, yang terfokus pada belajar Yunani dan Arab karya alam, filsafat ilmu pengetahuan dan matematika, bukan pada seperti budaya teks. humanis Renaissance tidak menolak kekristenan, justru sebaliknya, banyak dari karya-karya Renaissance terbesar yang dikhususkan untuk itu, dan Gereja dilindungi banyak karya seni Renaissance. Namun, pergeseran halus berlangsung dalam cara yang mendekati intelektual agama yang tercermin di banyak daerah lain kehidupan budaya [14]. Selain itu, banyak karya Kristen Yunani, termasuk Yunani Perjanjian Baru, dibawa kembali dari Bizantium ke Eropa Barat dan terlibat sarjana Barat untuk pertama kalinya sejak jaman dahulu terlambat. Ini keterlibatan baru dengan karya-karya Kristen Yunani, dan terutama kembali ke Yunani asli dari Perjanjian Baru yang dipromosikan oleh Lorenzo humanis Valla dan Erasmus, akan membantu membuka jalan bagi Reformasi Protestan.

Seniman seperti Masaccio berusaha untuk menggambarkan bentuk manusia secara realistis, mengembangkan teknik untuk membuat perspektif dan cahaya lebih alami. filsuf politik, yang paling terkenal Niccolò Machiavelli, mencoba menggambarkan kehidupan politik seperti benar-benar, bahwa adalah untuk memahaminya secara rasional. Sebuah kontribusi penting untuk humanisme Renaissance Italia Pico della Mirandola menulis teks yang terkenal "De hominis Dignitate" (Orasi pada Martabat Manusia, 1486), yang terdiri dari serangkaian tesis tentang filsafat, alam pikir, iman dan sihir dipertahankan terhadap setiap lawan atas dasar alasan. Selain belajar klasik Latin dan Yunani, penulis Renaissance juga mulai semakin menggunakan bahasa vernakular, yang dikombinasikan dengan pengenalan pencetakan, ini akan memungkinkan akses lebih banyak orang untuk buku, terutama Alkitab [15].

Dalam semua, Renaisans bisa dilihat sebagai upaya oleh para intelektual untuk mempelajari dan meningkatkan sekuler dan duniawi, baik melalui kebangkitan kembali ide dari jaman dahulu, dan melalui pendekatan baru untuk berpikir. Beberapa sarjana, seperti Rodney Stark, [16] mengecilkan Renaisans mendukung inovasi awal dari negara-negara kota di Italia di Abad Pertengahan, yang menikah pemerintah responsif, Kristen dan kelahiran kapitalisme. Analisis ini berpendapat bahwa, sementara negara-negara Eropa yang besar (Perancis dan Spanyol) adalah monarki absolut, dan lainnya berada di bawah kontrol Gereja langsung, republik kota mandiri dari Italia mengambil alih prinsip-prinsip kapitalisme ditemukan di perkebunan monastik dan memicu besar belum pernah terjadi sebelumnya komersial revolusi yang mendahului dan membiayai Renaissance.


Origins
Florence, pusat Renaisans
Artikel utama: Renaissance Italia

Kebanyakan sejarawan setuju bahwa ide-ide yang menjadi ciri Renaissance telah asal mereka di Florence akhir abad ke 13, khususnya dengan tulisan-tulisan Dante Alighieri (1265-1321) dan Francesco Petrarca (1304-1374), serta lukisan Giotto di Bondone (1267-1337) [17] Beberapa penulis tanggal Renaissance cukup tepat;. yang diusulkan titik awal adalah 1401, ketika saingan jenius Lorenzo Ghiberti dan Filippo Brunelleschi bersaing untuk kontrak untuk membangun pintu perunggu untuk Baptistery dari Katedral Florence (Ghiberti menang). [18] Orang lain melihat persaingan yang lebih umum antara seniman dan polymaths seperti Brunelleschi, Ghiberti, Donatello, dan Masaccio untuk komisi artistik sebagai memicu kreativitas Renaissance. Namun masih banyak diperdebatkan mengapa Renaissance dimulai di Italia, dan mengapa hal itu dimulai ketika hal itu. Dengan demikian, beberapa teori telah diajukan untuk menjelaskan asal-usulnya.

Selama uang, Renaissance dan seni pergi bergandengan tangan. Seniman tergantung sepenuhnya pada pelanggan sementara pelanggan membutuhkan uang untuk mempertahankan genuises. Kekayaan dibawa ke Italia pada abad 14, 15, dan 16 oleh memperluas perdagangan ke Asia dan Eropa. Pertambangan Perak di Tyrol meningkatkan arus uang. Kemewahan dari dunia Timur, membawa pulang selama Perang Salib, meningkatkan kesejahteraan Genoa dan Venice [19].
Abad Renaisans (Bahasa Perancis/Bahasa Inggris: Renaissance; Bahasa Italia: Rinascimento; arti harafiah: kelahiran kembali) adalah sebuah gerakan kebudayaan antara abad ke-14 hingga abad ke-17, bermula di Italia pada akhir Abad Pertengahan dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Gerakan ini mencakup kebangkitan pengetahuan berdasarkan sumber-sumber klasik, tumbuhnya panutan pada Sri Paus dan segala sesuatu yang anggun, perkembangan gaya perspektif dalam seni lukis, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Gerakan Masa Pencerahan memberikan efek yang luar biasa pada semua usaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, tapi mungkin yang paling terkenal adalah kemajuan dari segi kesenian dan kontribusi dari para polymath (orang yang memiliki ilmu yang tinggi dalam berbagai macam hal) seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo, yang menyebabkan munculnya sebutan “Renaissance Men”.
Renaisans pertama kali diperkenalkan di Eropa Barat, di kawasan Italia. Hal ini dipicu kekalahan tentara salib dalam perang suci. Kekalahan tersebut membuat para pemikir dan seniman menyingkir dari Romawi Timur menuju Eropa Barat. Mereka menyadari telah dimulainya masa mesiu peledak dan untuk menguasai teknologi tersebut mereka harus melepaskan diri dari pengaruh mistisme zaman pertengahan dengan kembali kepada sains zaman klasik yang sebelumnya dilarang karena dianggap pelanggaran terhadap misi ketuhanan.
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Potret keluarga Medici oleh Ghirlandaio
Perkembangan pertama renaisans terjadi di kota Firenze. Keluarga Medici yang memiliki masalah dengan sistem pemerintahan kepausan menjadi penyokong keuangan dengan usaha perdagangan di wilayah Mediterania. Hal ini membuat para intelektual dan seniman memiliki kebebasan besar karena tidak lagi perlu memikirkan masalah keuangan dan mendapatkan perlindungan dari kutukan pihak gereja. Keleluasaan ini didukung oleh tidak adanya kekuasaan dominan di Firenze. Kota ini dipengaruhi secara bersama oleh bangsawan dan pedagang. [1]
Dengan kebebasan besar itu, seniman bisa berkumpul dan mendirikan gilda-gilda seni yang mengangkat nama banyak seniman terkenal. Melalui gilda ini seniman mendelegasikan pekerjaan, bekerja sama, hingga mendidik bakat-bakat baru.

DEFINISI

"Renaissance" beralih ke halaman ini. Untuk film, lihat Renaissance (film).
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Lukisan oleh Antonello da Messina dari zaman Renaisans
Renaisans adalah suatu periode sejarah yang mencapai titik puncaknya kurang lebih pada tahun 1500. Perkataan "renaisans" berasal dari bahasa Perancis renaissance yang artinya adalah "Lahir Kembali" atau "Kelahiran Kembali". Yang dimaksudkan biasanya adalah kelahiran kembali budaya klasik terutama budaya Yunani kuno dan budaya Romawi kuno. Namun zaman sekarang hal ini bisa menyangkut segala hal.
Masa ini ditandai oleh kehidupan yang cemerlang di bidang seni, pemikiran maupun kesusastraan yang mengeluarkan Eropa dari kegelapan intelektual abad pertengahan. Masa Renaissance bukan suatu perpanjangan yang berkembang secara alami dari abad pertengahan, melainkan sebuah revolusi budaya, suatu reaksi terhadap kakunya pemikiran serta tradisi Abad pertengahan.
BLACK DEATH
Satu teori yang telah maju adalah bahwa kehancuran yang disebabkan oleh Black Death di Florence, yang menghantam Eropa antara 1348 dan 1350, mengakibatkan pergeseran dalam pandangan dunia orang-orang di Italia pada abad ke-14. Italia terutama parah terkena wabah, dan telah berspekulasi bahwa keakraban yang dihasilkan dengan kematian yang disebabkan pemikir untuk memikirkan lebih lanjut tentang kehidupan mereka di Bumi, bukan pada spiritualitas dan akhirat. [39] Hal ini juga telah berpendapat bahwa Black Kematian mendorong gelombang baru kesalehan, diwujudkan dalam sponsor karya seni keagamaan [40]. Namun, hal ini tidak sepenuhnya menjelaskan mengapa Renaisans terjadi khususnya di Italia pada abad ke-14. The Black Death adalah pandemi yang mempengaruhi seluruh Eropa dalam cara-cara yang dijelaskan, tidak hanya Italia. munculnya Renaissance di Italia kemungkinan besar hasil dari interaksi yang kompleks antara faktor di atas. [9]

Wabah dilakukan oleh kutu pada kapal berlayar kembali dari pelabuhan-pelabuhan di Asia, menyebar dengan cepat karena kurangnya sanitasi yang layak: penduduk Inggris, maka sekitar 4,2 juta, kehilangan 1,4 juta orang untuk pes wabah. Florence populasi hampir setengahnya pada tahun 1347. Sebagai akibat dari penipisan pada rakyat nilai kelas pekerja meningkat, dan rakyat biasa datang untuk menikmati lebih banyak kebebasan. Untuk menjawab kebutuhan yang meningkat akan tenaga kerja, pekerja bepergian untuk mencari posisi yang paling menguntungkan secara ekonom

Penurunan demografis karena wabah memiliki beberapa konsekuensi ekonomi: harga makanan turun dan nilai tanah mengalami penurunan sebesar 30 sampai 40 persen di sebagian besar di Eropa antara 1350 dan 1400 [42].
Pemilik tanah menghadapi kerugian besar tetapi untuk pria biasa dan wanita, itu adalah rezeki nomplok. Yang selamat dari wabah itu ditemukan tidak hanya bahwa harga makanan yang murah tapi juga menemukan bahwa tanah tersebut lebih berlimpah, dan bahwa sebagian besar dari mereka mewarisi harta dari saudara mereka yang mati.
[Sunting] kondisi Budaya di Florence
Lorenzo de 'Medici, penguasa Florence dan pelindung seni


Budaya kondisi di Florence

Hal ini telah lama menjadi bahan perdebatan mengapa Renaisans dimulai di Florence, dan tidak di tempat lain di Italia. Para ahli telah mencatat beberapa fitur unik untuk kehidupan budaya Florentine yang mungkin telah menyebabkan seperti gerakan budaya. Banyak telah menekankan peran yang dimainkan oleh Medici, sebuah keluarga perbankan dan rumah yang berkuasa kemudian yg berkenaan dgn duke, di menggurui dan merangsang seni. Lorenzo de 'Medici (1449-1492) merupakan katalisator untuk sejumlah besar patronase seni, mendorong senegaranya untuk karya-karya seniman terkemuka komisi dari Florence, termasuk Leonardo da Vinci, Sandro Botticelli, dan Michelangelo Buonarroti. [5]

Renaissance pasti berlangsung sebelum Lorenzo berkuasa, memang, sebelum keluarga Medici sendiri dicapai hegemoni dalam masyarakat Firenze. Beberapa sejarawan telah mendalilkan bahwa Florence adalah tempat kelahiran Renaissance sebagai hasil dari keberuntungan, yaitu karena "Great Men" yang lahir di sana secara kebetulan [43] Da Vinci, Botticelli dan Michelangelo semua lahir di Tuscany.. Dengan alasan bahwa kesempatan tersebut tampaknya mustahil, sejarawan lain berpendapat bahwa "Great Men" hanya mampu naik ke menonjol karena kondisi budaya yang berlaku pada saat itu.

HUMANISME


Dalam beberapa hal Humanisme bukan filsafat per se, melainkan suatu metode belajar. Berbeda dengan modus skolastik abad pertengahan, yang berfokus pada penyelesaian kontradiksi antara penulis, humanis akan mempelajari teks kuno dalam bahasa aslinya, dan menilai mereka melalui kombinasi penalaran dan bukti empiris. Humanis pendidikan didasarkan pada program 'Studia Humanitatis', bahwa menjadi studi tentang lima humaniora: puisi, tata bahasa, sejarah, filsafat moral dan retorika. Meskipun sejarawan kadang-kadang berjuang untuk mendefinisikan humanisme tepat, sebagian besar menetap pada "tengah jalan ... definisi gerakan untuk memulihkan, menafsirkan, dan mengasimilasi bahasa, sastra, pembelajaran dan nilai-nilai Yunani kuno dan Roma". [45 ] Di atas segalanya, humanis menegaskan "genius manusia ... kemampuan yang unik dan luar biasa dari pikiran manusia." [46]

Humanis ulama membentuk lanskap intelektual selama masa modern awal. Politik filsuf seperti Niccolò Machiavelli dan Thomas More menghidupkan kembali ide-ide para pemikir Yunani dan Romawi, dan diterapkan dalam kritik pemerintahan kontemporer. Pico della Mirandola menulis apa yang sering dianggap sebagai manifesto Renaissance, pertahanan cerah berpikir, Orasi pada Martabat Manusia. Matteo Palmieri (1406-1475), seorang humanis, yang paling dikenal karena civile kerja vita Della ("Pada Civic Life"; dicetak 1528) yang menganjurkan humanisme sipil, dan pengaruhnya dalam memperbaiki bahasa setempat Tuscan ke tingkat yang sama seperti bahasa Latin. karya Palmieri tertulis digambar di Romawi filsuf dan ahli teori, khususnya Cicero, yang, seperti Palmieri, tinggal sebuah kehidupan publik aktif sebagai warga negara dan pejabat, serta teori dan filsuf dan juga Quintilian. Mungkin ungkapan yang paling ringkas perspektif tentang humanisme dalam sebuah karya puitis 1465 La vita di Città, tetapi sebuah karya Della sebelumnya vita civile (Pada Civic Life) yang lebih luas. Disusun sebagai rangkaian dialog diatur dalam sebuah rumah negara di pedesaan Mugello luar Florence selama wabah 1430, membabarkan Palmieri pada kualitas dari warga negara yang ideal. Dialog termasuk ide-ide tentang bagaimana anak-anak mengembangkan mental dan fisik, bagaimana warga negara dapat melakukan sendiri secara moral, bagaimana warga negara dan negara dapat menjamin kejujuran dalam kehidupan publik, dan sebuah perdebatan penting pada selisih antara apa yang pragmatis berguna dan apa yang jujur.

Para humanis percaya bahwa penting untuk mengatasi ke akhirat dengan pikiran yang sempurna dan tubuh. Keyakinan melampaui dapat dilakukan dengan pendidikan. Tujuan dari humanisme adalah untuk menciptakan pria universal yang orang gabungan keunggulan intelektual dan fisik dan yang mampu berfungsi mulia dalam hampir setiap situasi [47]. Ideologi ini disebut sebagai il Uomo universal, ideal Yunani-Romawi kuno. Pendidikan selama Renaissance terutama terdiri dari sastra dan sejarah kuno. Diperkirakan bahwa klasik diberikan instruksi moral dan pemahaman intensif perilaku manusia.






ART

Renaissance menandai periode sejarah Eropa pada akhir abad pertengahan dan bangkitnya dunia Modern. Ini merupakan kelahiran kembali budaya dari 14 melalui tengah abad ke-17. Awal Renaissance, sebagian besar di Italia, jembatan periode seni selama abad kelima belas, antara Abad Pertengahan dan High Renaissance di Italia. Secara umum diketahui bahwa Renaissance jatuh tempo di Eropa Utara kemudian, pada abad ke-16. [48] Salah satu ciri khas seni Renaissance adalah pengembangan dari perspektif linier sangat realistis. Giotto di Bondone (1267-1337) dikreditkan dengan terlebih dahulu memperlakukan lukisan sebagai jendela ke ruang angkasa, tapi tidak sampai demonstrasi arsitek Filippo Brunelleschi (1377-1446) dan tulisan-tulisan berikutnya Leon Battista Alberti (1404-1472) perspektif yang diresmikan sebagai teknik artistik. [49] Perkembangan perspektif adalah bagian dari tren yang lebih luas terhadap realisme dalam seni. [50] Untuk itu, pelukis juga mengembangkan teknik lain, mempelajari cahaya, bayangan, dan, terkenal di kasus Leonardo da Vinci, anatomi manusia. Mendasari perubahan-perubahan dalam metode artistik, adalah keinginan baru untuk menggambarkan keindahan alam, dan untuk mengungkap aksioma estetika, dengan karya-karya Leonardo, Michelangelo dan Raphael mewakili pinakel artistik yang akan banyak ditiru oleh seniman lain. [51 ] seniman terkenal lainnya termasuk Sandro Botticelli, bekerja untuk Medici di Florence, Donatello lain Firenze dan Titian di Venesia, antara lain.

Bersamaan, di Belanda, budaya artistik terutama bersemangat dikembangkan, karya Hugo van der Goes dan Jan van Eyck memiliki pengaruh khusus pada perkembangan seni lukis di Italia, baik secara teknis dengan pengenalan cat minyak dan kanvas, dan stylistically dalam hal naturalisme dalam representasi. (Untuk lebih lanjut, lihat Renaissance di Belanda). Kemudian, karya Pieter Bruegel Senior akan menginspirasi seniman untuk menggambarkan tema-tema kehidupan sehari-hari. [52]
Leonardo da Vinci potret diri, nya Mona Lisa, The Last Supper dan Vitruvian Man adalah contoh seni Renaisans

Dalam arsitektur, Filippo Brunelleschi adalah terpenting dalam mempelajari sisa-sisa bangunan klasik kuno, dan dengan pengetahuan menemukan kembali dari penulis Vitruvius 1st-abad dan disiplin berkembang matematika, dirumuskan gaya Renaisans yang ditiru dan ditingkatkan pada formulir klasik. feat utama Brunelleschi tentang teknik adalah pembangunan kubah Katedral Florence. [53] Bangunan pertama menunjukkan ini diklaim menjadi gereja St Andreas dibangun oleh Alberti di Mantua. Pekerjaan arsitektur yang luar biasa dari High Renaissance adalah pembangunan kembali Basilika Santo Petrus, menggabungkan keterampilan Bramante, Michelangelo, Raphael, Sangallo dan Maderno.
Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci adalah master piece Renaissance dan seni dunia

Romawi perintah jenis kolom yang digunakan: Tuscan, Doric, Ionic, Corinthian dan Komposit. Ini dapat menjadi struktural, mendukung sebuah arcade atau architrave, atau murni dekoratif, menetapkan dinding dalam bentuk pilaster. Selama Renaissance, arsitek bertujuan untuk menggunakan kolom, pilaster, dan entablatures sebagai sistem yang terintegrasi. Salah satu bangunan pertama yang menggunakan pilaster sebagai sistem yang terintegrasi di Sacristi (1421-1440) oleh Filippo Brunelleschi. [54]

Lengkungan, setengah lingkaran atau (dalam gaya Mannerist) segmental, sering digunakan di arcade, didukung pada pilar atau kolom dengan ibukota. Mungkin ada bagian dari entablature antara modal dan melompat dari arch. Alberti adalah salah satu pertama yang menggunakan lengkungan pada suatu monumental. kubah Renaissance tidak memiliki tulang rusuk. Mereka adalah setengah lingkaran atau segmental dan pada rencana persegi, tidak seperti kubah Gothic yang sering persegi panjang.

Para seniman Renaissance tidak kafir meskipun mereka mengagumi jaman dahulu dan mereka juga menyimpan beberapa ide dan simbol dari masa lalu abad pertengahan. Nicola Pisano (c. 1220-c 1278.) Ditiru bentuk klasik dengan menggambarkan adegan dari Alkitab. The Anunciation oleh Nicola Pisano, dari baptis di Pisa, menunjukkan bahwa model klasik mempengaruhi seni Renaissance Italia sebelum mengambil akar sebagai gerakan sastra

SAINS

Gejolak yang terjadi dalam seni dan humaniora yang dicerminkan oleh masa perubahan yang dinamis dalam ilmu. Beberapa telah melihat ini kesibukan sebagai "revolusi ilmiah", heralding awal zaman modern [56] Lain telah melihatnya hanya sebagai percepatan proses yang berkesinambungan yang membentang dari dunia kuno sampai hari ini.. [57] Apapun, ada kesepakatan umum bahwa Renaissance melihat perubahan yang signifikan dalam cara alam semesta dipandang dan metode dengan mana filsuf berusaha untuk menjelaskan fenomena alam. [58]
Galileo Galilei. Potret di krayon oleh pematung Renaissance Leone Leoni

Ilmu dan seni sangat banyak bercampur di Renaissance awal, dengan artis seperti Leonardo da Vinci membuat gambar pengamatan anatomi dan alam. Sebuah studi 2007 lengkap oleh Fritjof Capra [59] menunjukkan bahwa Leonardo adalah seorang ilmuwan yang jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya, dan bukan hanya penemu. Dalam teori ilmu pengetahuan dan dalam menjalankan praktik ilmu pengetahuan aktual, Leonardo adalah inovatif. Dia membuat percobaan terkontrol dalam aliran air, pembedahan medis, dan studi sistematis gerakan dan aerodinamis, ia merancang prinsip-prinsip metode penelitian bahwa untuk Capra mengklasifikasikan dia sebagai "bapak ilmu pengetahuan modern". Dalam penilaian rinci Capra tentang naskah hidup banyak ilmu Leonardo adalah lebih cocok dengan pendekatan non-mekanistik dan non-reduktif holistik untuk ilmu yang menjadi populer saat ini. Mungkin perkembangan yang paling signifikan dari era bukanlah penemuan yang spesifik, melainkan suatu proses untuk penemuan, metode ilmiah. [58] Ini cara revolusioner baru belajar tentang dunia terfokus pada bukti empiris, pentingnya matematika, dan dibuang Aristoteles "menyebabkan akhir" yang mendukung sebuah filsafat mekanis. Awal dan pendukung berpengaruh ide-ide ini termasuk Copernicus, Galileo, Newton dan Rene Descartes [60] [61]

Metode ilmiah baru yang dipimpin untuk kontribusi besar dalam bidang astronomi, fisika, biologi, dan anatomi. Dengan publikasi Vesalius's De humani corporis fabrica, sebuah keyakinan baru ditempatkan dalam peran pembedahan, observasi, dan pandangan mekanistik anatomi.




RELIGION

Cita-cita baru humanisme, meskipun lebih sekuler dalam beberapa aspek, dikembangkan dengan latar belakang Kristen, terutama di Renaisans Utara. Memang, banyak (jika tidak sebagian besar) dari seni baru ditugaskan oleh atau dalam dedikasi kepada Gereja [14] Namun,. Renaisans memiliki efek mendalam pada teologi kontemporer, terutama dalam cara orang dirasakan hubungan antara manusia dan Allah. [14] Banyak dari teolog terkemuka masa itu adalah pengikut metode humanis, termasuk Erasmus, Zwingli, Thomas More, Martin Luther, dan John Calvin.
Alexander VI, seorang Paus Borgia terkenal karena korupsinya

Renaisans dimulai pada saat kekacauan agama. The Abad Pertengahan melihat periode intrik politik sekitar Kepausan tersebut, puncaknya di Skisma Barat, di mana tiga orang secara bersamaan diklaim sebagai Uskup benar Roma [62] Sementara skisma itu. Diselesaikan oleh Konsili Konstanz (1414), abad ke-15 melihat gerakan reformasi yang dihasilkan dikenal sebagai konsiliarisme, yang berusaha membatasi kekuasaan paus. Meskipun akhirnya muncul kepausan tertinggi dalam hal-hal gerejawi oleh Dewan Lateran Kelima (1511), itu dirundung oleh tuduhan korupsi terus, yang paling terkenal dalam pribadi Paus Alexander VI, yang dituduh bervariasi dari simoni, nepotisme dan empat ayah anak haram Paus sementara, yang ia menikah untuk mendapatkan kekuasaan lebih. [63]

Churchmen seperti Erasmus dan Luther mengusulkan reformasi kepada Gereja, sering didasarkan pada kritik teks humanis dari Perjanjian Baru. [14] Memang, itu Luther yang pada Oktober 1517 menerbitkan 95 Tesis, menantang otoritas kepausan dan mengkritik korupsi yang dirasakan, khususnya sehubungan dengan penjualan atas indulgensi. The 95 Theses mengarah ke Reformasi, istirahat dengan Gereja Katolik Roma yang sebelumnya diklaim hegemoni di Eropa Barat. Humanisme dan Renaissance karenanya memainkan peran langsung dalam memicu Reformasi, serta di banyak perdebatan kontemporer agama lain dan konflik.

Kesadaran diri

Pada abad ke-15, penulis, seniman dan arsitek di Italia dengan baik sadar akan transformasi yang sedang berlangsung dan menggunakan frase seperti modi antichi (dengan cara yang antik) atau alle et alla Romana Antica (dalam cara Romawi dan dahulu) untuk menggambarkan pekerjaan mereka. Istilah la rinascita (kelahiran kembali) pertama kali muncul, namun, dalam arti luas dalam Vite de 'Giorgio Vasari's architetti eccellenti PIU, pittori, et scultori Italiani (The Kehidupan Seniman,, 1550 direvisi 1568). [64] [65] Vasari membagi zaman menjadi tiga fase: fase pertama berisi Cimabue, Giotto, dan Arnolfo di Cambio; tahap kedua berisi Masaccio, Brunelleschi, dan Donatello, pusat ketiga di Leonardo da Vinci dan berpuncak dengan Michelangelo. Bukan hanya meningkatnya kesadaran kuno klasik yang mendorong perkembangan ini, menurut Vasari, tetapi juga keinginan untuk belajar dan berkembang meniru alam.




SPREAD

abad ke-15, penyebaran Renaissance dengan kecepatan tinggi dari tempat kelahirannya di Florence, pertama ke seluruh Italia, dan segera ke seluruh Eropa. Penemuan mesin cetak memungkinkan transmisi yang cepat dari ide-ide baru. Seperti menyebar, ide-ide yang beragam dan berubah, yang disesuaikan dengan budaya lokal. Pada abad ke-20, sarjana mulai memecah Renaissance ke dalam gerakan regional dan nasional.
[Sunting] Italia

Renaissance Italia

Sementara Renaissance ide-ide yang bergerak ke utara dari Italia, ada penyebaran selatan simultan dari beberapa bidang inovasi, terutama dalam musik. [67] Musik dari abad ke-15 Burgundian Sekolah mendefinisikan awal Renaisans dalam seni itu dan polifoni dari Belanda, saat bergerak dengan para musisi itu sendiri ke Italia, membentuk inti dari apa yang gaya internasional pertama benar dalam musik sejak standarisasi Gregorian Chant pada abad ke-9 [67] Puncak dari sekolah Netherlandish itu. dalam musik
komposer Italia, Palestrina. Pada akhir abad ke-16 Italia kembali menjadi pusat inovasi musik, dengan perkembangan gaya polychoral dari Sekolah Venesia, yang menyebar ke utara ke Jerman sekitar 1600.

Lukisan Renaissance Italia berbeda dari orang-orang dari Renaisans Utara. Seniman Renaisans Italia merupakan yang pertama untuk melukis adegan sekuler, memisahkan diri dari seni murni religius pelukis abad pertengahan. Pada awalnya, seniman Renaisans Utara tetap fokus pada mata pelajaran agama, seperti pergolakan keagamaan kontemporer digambarkan oleh Albrecht Dürer. Kemudian, karya-karya Pieter Bruegel dipengaruhi seniman untuk melukis pemandangan kehidupan sehari-hari, bukan tema agama atau klasik. Itu juga selama Renaissance Utara bahwa saudara-saudara Flemish Hubert dan Jan van Eyck menyempurnakan teknik lukisan cat minyak, yang memungkinkan seniman untuk menghasilkan warna yang kuat pada permukaan yang keras yang bisa bertahan selama berabad-abad [68] Sebuah fitur dari Renaisans Utara itu. Penggunaannya dari vernakular di tempat Latin atau Yunani, yang memungkinkan kebebasan berekspresi yang lebih besar. Gerakan ini telah dimulai di Italia dengan pengaruh yang menentukan dari Dante Alighieri terhadap perkembangan bahasa vernakular;. pada kenyataannya fokus menulis dalam bahasa Italia telah mengabaikan sumber utama ide Firenze disajikan dalam bahasa Latin [69] Penyebaran teknologi dari penemuan Jerman percetakan tipe bergerak mendorong Renaisans, di Eropa Utara sebagai tempat lain; dengan Venesia menjadi pusat dunia pencetakan.

PORTUGAL

Di Portugal, Renaisans tiba melalui pengaruh pedagang Italia kaya yang mulai menginvestasikan uang mereka dalam perdagangan India menguntungkan bahwa Portugal telah dimonopoli selama abad ke-15 akhir. Lisbon berkembang, dan penulis-penulis seperti Gil Vicente, Sá de Miranda, Bernardim Ribeiro dan Luís de Camões dan artis seperti Nuno Gonçalves muncul.

Spanyol
Renaisans tiba di semenanjung Iberia melalui harta Mediterania Kerajaan Aragon dan kota Valencia. Memang, banyak dari penulis awal Renaissance Spanyol berasal dari Kerajaan Aragon, termasuk Ausiàs Maret dan Joanot Martorell. Dalam Kerajaan Kastilia, Renaisans awal sangat dipengaruhi oleh humanisme Italia, dimulai dengan penulis dan penyair dimulai dengan Marquis dari Santillana, yang memperkenalkan puisi Italia baru Spanyol di abad 15 awal. penulis lain, seperti Jorge Manrique, Fernando de Rojas, Juan del Encina, Juan Boscán Almogáver dan Garcilaso de la Vega, menyimpan kemiripan dekat dengan kanon Italia. karya Miguel de Cervantes's Don Quixote dikreditkan sebagai novel Western pertama. Humanisme Renaissance berkembang di awal abad ke-16, dengan penulis yang berpengaruh seperti filsuf Juan Luis Vives, tatabahasa Antonio de Nebrija atau alam sejarawan Pedro de Mexía.

Kemudian Spanyol Renaissance cenderung ke arah tema-tema agama dan mistisisme, dengan penyair seperti keributan Luis de León, Teresa dari Ávila dan Yohanes dari Salib, dan isu-isu diperlakukan terkait dengan eksplorasi Dunia Baru, dengan penulis sejarah dan penulis-penulis seperti Inca de la Garcilaso Vega atau Bartolomé de las Casas, yang memunculkan suatu tubuh bekerja, sekarang dikenal sebagai sastra Renaisans Spanyol. Renaisans akhir di Spanyol juga melihat munculnya artis seperti El Greco, dan komposer seperti Tomás Luis de Victoria dan Antonio de Cabezón

Renaissance seperti yang terjadi di Eropa Utara telah diistilahkan sebagai "Utara Renaissance".

Inggris
Artikel utama: Bahasa Inggris Renaissance
"Apa yang sepotong kerja adalah manusia, betapa mulianya dalam akal, bagaimana tak terbatas di fakultas, dalam bentuk dan bergerak, bagaimana mengekspresikan dan mengagumkan dalam tindakan, bagaimana seperti malaikat dalam ketakutan, bagaimana seperti dewa!"
- Dari Hamlet William Shakespeare.

Di Inggris, era Elizabeth menandai awal Renaissance Inggris dengan karya penulis William Shakespeare, Christopher Marlowe, Edmund Spenser, Sir Thomas More, Francis Bacon, Sir Philip Sidney, John Milton, serta seniman-seniman besar, arsitek (seperti sebagai Inigo Jones yang memperkenalkan arsitektur Italia ke Inggris), dan komposer seperti Thomas Tallis, John Taverner, dan William Byrd.

Perancis

Pada 1495 Renaissance Italia tiba di Perancis, yang diimpor oleh Raja Charles VIII setelah invasi nya Italia. Faktor yang mempromosikan penyebaran sekularisme adalah ketidakmampuan Gereja untuk menawarkan bantuan terhadap Black Death. Francis I diimpor seni Italia dan seniman, termasuk Leonardo da Vinci, dan hiasan istana yang dibangun dengan biaya besar. Penulis-penulis seperti François Rabelais, Pierre de Ronsard, Joachim du Bellay dan Michel de Montaigne, pelukis seperti Jean Clouet dan musisi seperti Jean Mouton juga dipinjam dari semangat Renaissance Italia.

Tahun 1533, empat belas-tahun Caterina de 'Medici, (1519-1589) lahir di Florence untuk Lorenzo II de' Medici dan Madeleine de la Tour d'Auvergne Henry menikah, anak kedua dari Raja Francis I dan Ratu Claude. Meskipun ia menjadi terkenal dan terkenal karena perannya dalam perang agama Perancis, ia membuat kontribusi langsung dalam membawa seni, ilmu pengetahuan dan musik (termasuk asal-usul balet) ke pengadilan Perancis dari nya Florence asli.


 Jerman

Dalam paruh kedua abad ke-15, semangat penyebaran usia ke Jerman dan Negara-negara rendah, di mana perkembangan percetakan (ca. 1450) dan awal Renaisans seniman seperti pelukis Jan van Eyck (1395-1441) dan Hieronymus Bosch (1450-1516) dan komposer Johannes Ockeghem (1410-1497), Jacob Obrecht (1457-1505) dan Josquin des Prez (1455-1521), mendahului pengaruh dari Italia. Di daerah Protestan awal humanisme negara menjadi berhubungan erat dengan gejolak dari Reformasi Protestan, dan seni dan penulisan Renaissance Jerman sering tercermin sengketa ini [70] Namun,. Gaya gothic dan filsafat skolastik abad pertengahan tetap eksklusif sampai pergantian abad ke-16. Kaisar Maximilian I dari Habsburg (Hukum :1493-1519) adalah benar-benar pertama Renaissance raja dari Kekaisaran Romawi Suci, kemudian dikenal sebagai "Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman" (Diet Cologne 1512).

Hungaria

Gaya Renaissance datang langsung dari Italia selama Quattrocento ke Hungaria pertama di kawasan Eropa Tengah, berkat pengembangan hubungan Hongaria-Italia awal - tidak hanya pada sambungan dinasti, tetapi juga dalam hubungan budaya, humanistik dan komersial - tumbuh dalam kekuatan dari abad ke-14. pengaruh arsitektur Italia menjadi lebih kuat di pemerintahan berkat Zsigmond ke yayasan-yayasan gereja yang Scolaries Florentine dan konstruksi benteng dari Pipo dari Ozora. Hubungan antara gaya Gothic Hungaria dan Italia adalah alasan kedua - terobosan berlebihan dinding dihindari, lebih memilih struktur bersih dan ringan. Tren Italia baru dikombinasikan dengan tradisi-tradisi nasional yang ada untuk membuat sebuah seni lokal tertentu Renaissance. Penerimaan seni Renaissance lebih lanjut oleh kedatangan terus menerus pemikiran humanis di negara ini. Hongaria Banyak muda belajar di universitas Italia mendekat ke pusat humanis Florentine, sehingga hubungan langsung dengan Florence berevolusi. Meningkatnya jumlah pedagang Italia pindah ke Hungaria, khusus untuk Buda, membantu proses ini. Baru pikiran dilakukan oleh pejabat gereja humanis, di antara mereka Vitéz János, Uskup Agung Esztergom, salah satu pendiri humanisme Hungaria. [71] Selama pemerintahan panjang kaisar Sigismund dari Luxemburg Benteng Kerajaan Buda mungkin menjadi istana Gothic terbesar Abad Pertengahan akhir. Raja Matthias Corvinus (r. 1458-1490) membangun kembali istana dalam gaya Renaisans awal dan lebih explanded itu [72] [73] Setelah perkawinan pada 1476 dari Matias raja untuk Beatrice dari Napoli., Buda menjadi salah satu pusat artistik paling penting dari utara Renaissance dari [74] Alpen. yang humanis paling penting hidup di pengadilan Matthias 'adalah Antonio Bonfini dan penyair terkenal Hongaria Janus Pannonius [74] Andras Hess mendirikan percetakan di Buda pada 1472.. Perpustakaan Matthias Corvinus, para Corviniana Bibliotheca, adalah koleksi Eropa terbesar buku sekuler: kronik sejarah, karya filosofis dan ilmiah di abad 15. perpustakaan-Nya adalah kedua hanya dalam ukuran Perpustakaan Vatikan. (Namun, Perpustakaan Vatikan terutama berisi Alkitab dan bahan-bahan agama.) [75] Pada tahun 1489, Bartolomeo della Fonte Florence menulis bahwa Lorenzo de Medici mendirikan perpustakaan sendiri Yunani-Latin didorong oleh contoh raja Hungaria. Corvinus perpustakaan adalah bagian dari Warisan Dunia UNESCO [76] penting tokoh lain dari Renaissance Hungaria:. Balint Balassi (penyair), Sebestyén Tinódi Lantos (penyair), Balint Bakfark (komponis dan lutenist)

POLANDIA

Sebuah awal Italia humanis yang datang ke Polandia pada pertengahan abad ke-15 adalah Filip Callimachus. Banyak seniman Italia datang ke Polandia dengan Bona Sforza dari Milan, ketika ia menikah dengan Raja Zygmunt I dari Polandia tahun 1518 [77] Hal ini didukung oleh monarki sementara diperkuat di kedua wilayah, serta oleh universitas yang baru berdiri.. [78]

Rusia

tren Renaissance dari Italia dan Eropa Tengah dipengaruhi Rusia dalam banyak hal, meskipun pengaruh ini agak terbatas karena jarak yang besar antara Rusia dan pusat-pusat utama budaya Eropa, di satu sisi, dan kepatuhan kuat Rusia untuk tradisi mereka Ortodoks dan warisan Bizantium , di sisi lain.

Pangeran Ivan III memperkenalkan arsitektur Renaissance ke Rusia dengan mengundang sejumlah arsitek dari Italia, yang membawa teknik konstruksi baru dan beberapa elemen gaya Renaissance dengan mereka, sedangkan pada umumnya mengikuti desain arsitektur tradisional Rusia. Tahun 1475 arsitek Bolognese Aristotele Fioravanti datang untuk membangun kembali Katedral Tertidurnya di Kremlin Moskow, rusak dalam gempa bumi. Fioravanti diberi abad ke-12 Vladimir Katedral sebagai model, dan menghasilkan desain yang menggabungkan gaya tradisional Rusia dengan rasa Renaissance keluasan, proporsi dan simetri.
Istana Facets di Lapangan Katedral Kremlin Moskow.

Pada 1485 Ivan III menugaskan membangun Istana Terem kerajaan dalam Kremlin, dengan Aloisio da Milano menjadi arsitek dari tiga lantai pertama. Aloisio da Milano, serta arsitek Italia lainnya, juga sangat memberikan kontribusi terhadap pembangunan tembok Kremlin dan menara. Ruang jamuan kecil dari Tsars Rusia, yang disebut Istana Facets karena cerita facetted atasnya, adalah karya dari dua Italia, Marco Ruffo dan Pietro Solario, dan menunjukkan gaya yang lebih Italia. Pada tahun 1505, seorang Italia yang dikenal di Rusia sebagai Aleviz Novyi atau Aleviz Fryazin tiba di Moskow. Dia mungkin telah menjadi pematung Venesia, Alevisio Lamberti da Montagne. Dia membangun 12 gereja-gereja untuk Ivan III, termasuk Katedral malaikat, sebuah bangunan luar biasa untuk keberhasilan campuran tradisi Rusia, persyaratan Ortodoks dan gaya Renaissance. Hal ini diyakini bahwa Petrus Katedral Metropolitan di Vysokopetrovsky Biara, karya lain Aleviz Novyi, kemudi
an menjabat sebagai inspirasi untuk bentuk segi delapan-on-segi empat yang disebut arsitektur di Moskow Baroque abad ke-17 akhir.

Theotokos dan Anak, ikon akhir abad 17 Rusia oleh Karp Zolotaryov, dengan penggambaran yang realistis terutama wajah dan pakaian.

Antara 16 dan awal abad ke-17 akhir, bagaimanapun, sebuah tradisi asli arsitektur batu atap tenda telah dikembangkan di Rusia. Itu cukup unik dan berbeda dari arsitektur kontemporer Renaissance tempat lain di Eropa, meskipun beberapa penelitian menyebut bahwa gaya 'Rusia Gothic' dan membandingkannya dengan arsitektur Gothic Eropa periode sebelumnya. Italia, dengan teknologi canggih mereka, mungkin telah mempengaruhi penemuan batu atap tenda (tenda-tenda kayu dikenal di Rusia dan Eropa jauh sebelum). Menurut salah satu hipotesis, seorang arsitek Italia disebut Petrok Maly mungkin telah penulis Gereja Ascension di Kolomenskoye, salah satu gereja yang paling awal dan paling menonjol atap tenda



2 komentar:

  1. whahwhahwhahwhha
    ak njaluk senbud e ki,
    hahaha :p

    BalasHapus
  2. Sands Casino in Arizona: Review, Games, Deposit Bonus
    Enjoy the best 카지노 gaming experience at Sands Casino. Slots and table games. Play your septcasino favorite 바카라 table games. Play live dealer games like blackjack, roulette and

    BalasHapus